Warung Bebas

Jumat, 16 September 2011

Jelang Pertemuan Menkeu Zona Euro: Saham Eropa Diprediksi Akan Dibuka Naik

Saham Eropa diperkirakan naik pada pembukaan perdagangan Jumat (16/9) menjelang pertemuan menteri keuangan zona euro dan Sekretaris Menteri Keuangan AS Tim Geithner di Polandia.

Mengutip CNBC, Indeks FTSE terlihat akan naik 58 poin, indeks DAX diperkirakan naik 67 poin dan CAC naik 34 poin. Diharapkan pertemuan ini akan menghasilkan beberapa kebijakan utama untuk membantu mengatasi krisis utang dari zona euro setelah aksi bersama yang terkoordinasi oleh top dunia lima bank sentral untuk membantu meredakan kekhawatiran keuangan untuk sektor perbankan Eropa.
Saham di Asia minggu ini berakhir positif menyusul kenaikan yang solid di Wall Street pada Kamis setelah tindakan terkoordinasi Bank sentral. Euro flat dalam perdagangan semalam setelah naik pada hari Kamis.

Pertemuan pada hari Jumat menteri keuangan zona euro di Polandia yang dihadiri Sekretaris Menteri Keuangan AS Tim Geithner diharapkan bisa mendorong Dana Stabilitas Keuangan Eropa (EFSF), menurut Reuters. Ukuran ini, jika disetujui, dapat memungkinkan EFSF untuk diyakini dapat mendukung pasar obligasi dari Italia dan Spanyol.

Menjelang pertemuan itu Christine Lagarde, direktur IMF kepada CNBC mengatakan menyambut baik tindakan terkoordinasi dari ECB dan lain-lain sementara menyerukan kepada bank-bank Eropa untuk rekapitalisasi.

Mantan Menteri Keuangan Perancis ini juga memperingatkan Yunani sekarang harus dikirim. "Jika tidak ada implementasi, kita tidak  bayar," kata Lagarde.

Sebelum pertemuan, Menteri Keuangan Polandia mengatakan kepada CNBC dalam sebuah wawancara bahwa krisis zona euro mungkin menyebabkan pecahnya perang dalam jangka panjang, karena akan membutuhkan pembubaran Uni Eropa, yang telah menjamin perdamaian dan kemakmuran di benua itu.

Komunitas bank akan terus mengamati kasus UBS menyusul penangkapan salah seorang pedagang karena diduga menghilangkan $ 2 miliar pada perdagangan secara tidak sah. Polisi di London mengatakan pria itu, dilaporkan bernama Kweku Adoboli, 31 tahun dan telah ditangkap atas tuduhan penipuan. Saham UBS turun lebih dari 10 persen pada Kamis ketika semua pesaingnya rally tajam.

Artikel Terkait Lainnya Seputar:



0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites